Beranda Blogging Apa Peran Hosting Pada Sebuah Blog atau Website?

Apa Peran Hosting Pada Sebuah Blog atau Website?

147
0

Apa itu hostingApa Peran Hosting Pada Sebuah Blog atau Website? – Salah satu pilar utama dalam membuat sebuah website atau blog adalah Hosting.

Sebuah halaman web hanya memungkinkan untuk bisa diakses, jika ia sudah memiliki hosting. Ya, semua jenis web, termasuk blog gratisan seperti Blogger (blogspot) yang sudah saya bahas sebelumnya.

Jika anda masuk dan membaca halaman ini, maka saya yakin bahwa anda adalah orang awam yang masih belum terlalu paham soal istilah-istilah yang berhubungan dengan website. Dan ada kemungkinan bahwa saat ini anda punya ketertarikan untuk memiliki sebuah website.

Maka dari itu disini saya akan menjelaskan soal apa itu hosting web, dengan menggunakan pemilihan kata sesederhana mungkin agar lebih mudah untuk dimengerti.

Fungsi Dari Hosting Untuk Website

Ibarat sebuah minimarket, hosting ini bisa dibilang merupakan bangunan ruko yang kita sewa. Di dalam hosting tersebut, kita bisa menyimpan data; dalam hal ini diperankan oleh produk-produk.

Kita tata produk tersebut sedemikian rupa agar dapat ditampilkan dengan baik. Dan pengunjung website adalah pelanggan yang datang ke minimarket tersebut.

Tanpa adanya ruko yang berperan sebagai hosting, kita tentu takkan bisa menyimpan dan menampilkan barang-barang yang akan kita jual.

Jadi sederhananya, hosting adalah sebuah tempat untuk menyimpan data atau file-file yang dibutuhkan untuk membangun sebuah website. Data-data tersebut disimpan dalam sebuah server layaknya sebuah harddisk di pc atau laptop kita.

Data yang dimaksudkan disini termasuk diantaranya adalah foto, gambar, konten berupa tulisan, hingga tampilan dari website itu sendiri.

Fungsi hosting adalahSeperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bahkan blog gratisan seperti misalnya blogspot pun juga membutuhkan hosting. Hanya saja, hosting pada blogspot diberikan oleh Google secara gratis.

Lain halnya dengan website self hosted

Dimana kita harus mencari sendiri dan menyewa hosting agar kita bisa menginstal aplikasi untuk membangun sebuah website atau blog. Saat ini, platform atau aplikasi yang paling populer digunakan untuk membangun website self hosted adalah WordPress.

WordPress yang dimaksud disini adalah WordPress.org, sebuah aplikasi CMS (Content Management System) yang bisa diinstal pada web hosting dan digunakan secara gratis, bukan WordPress.com.

Ketika kita memutuskan untuk menyewa hosting, kita akan mendapatkan jatah disk space dan jatah bandwidth.

Disk space ini adalah jatah kapasitas penyimpanan yang bisa kita manfaatkan. Sementara bandwidth, bisa dibilang ibarat kuota transfer data. Artinya, semakin sering pengunjung membuka halaman website kita, maka jatah bandwidth kita akan semakin berkurang.

Namun saat ini, sebagian besar penyedia hosting yang ada menyediakan jatah bandwidth unlimited untuk setiap service plan nya.

Meskipun tetap saja, bukan berarti website kita bisa menampung visitor sebanyak-banyaknya tanpa masalah…

Karena ada keterbatasan lain yakni soal resource. Resource ini berbanding lurus dengan spesifikasi dari server yang dijadikan hosting.

Semakin tinggi spesifikasi servernya, maka ia akan dapat mengolah data lebih banyak dan lebih cepat. Sederhananya, akan dibutuhkan spesifikasi server yang lebih baik untuk dapat menampung lebih banyak visitor di waktu bersamaan.

Jika kita menggunakan banyak resource, maka server akan overload yang akibatnya adalah website jadi tidak bisa diakses (down).

Maka jangan heran jika kita pernah menemukan sebuah website atau blog yang down, error, atau semacamnya karena tak kuat menampung visitor yang membludak.

Hal inilah yang biasanya dijadikan tolok ukur soal kehandalan dari sebuah hosting…

Selain juga dari sisi kecepatan loading halaman, tentunya…

Karena pada kenyataannya, ada banyak faktor selain dari spesifikasi dari server itu sendiri yang mempengaruhi kinerja dari hosting yang kita sewa. Khususnya jika kita memilih paket shared hosting (pilihan layanan paket hosting yang paling murah dan paling populer).

Saya yakin, semua pemilik website tentu sangat menginginkan sebuah hosting yang tangguh dengan harga yang murah.

Namun perlu diingat bahwa urusan support juga tak kalah penting. Agar ketika seandainya terjadi masalah tertentu pada website kita …

… diluar apa yang kita kuasai …

… Maka masalah tersebut dapat diselesaikan dengan segera.

Komunikasi menjadi sangat penting dalam urusan ini. Sehingga kita bisa menjadikannya sebagai salah satu bahan pertimbangan apakah akan memilih penyedia hosting lokal, atau luar negeri. Agar tak terkendala bahasa saat menyampaikan komplain.

Jika ternyata anda ingin membangun sebuah blog atau website selfhost namun enggan mengeluarkan biaya besar karena merasa masih harus banyak mengenal dan belajar terlebih dahulu, maka anda bisa coba memanfaatkan fasilitas hosting super murah atau bahkan gratis yang disediakan oleh beberapa penyedia hosting di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here