Beranda Blogging Ini Dia Poin Perbedaan Antara Blog dengan Website

Ini Dia Poin Perbedaan Antara Blog dengan Website

76
0

Perbedaaan antara blog dan websiteIni Dia Poin Perbedaan Antara Blog dengan Website – Sebagian besar pengguna internet tidak menyadari apakah halaman yang dikunjunginya itu adalah sebuah website, atau sebuah blog. Tak sedikit pula yang salah menyebut sebuah halaman blog sebagai sebuah website.

Memang sih, kesalahan penyebutan seperti ini takkan membawa kerugian apa-apa bagi hidup kita para pengguna internet pada umumnya. Namun di kalangan pegiat internet, perbedaan dari kedua istilah tersebut cukup penting untuk diketahui agar tak terjadi kesalahpahaman ketika sedang berdiskusi.

Hal ini juga cukup penting diketahui bagi mereka yang punya sebuah usaha dan ingin mengembangkan bisnisnya untuk go online atau mempromosikan produk dan jasanya secara online karena keduanya (blog dan website) memiliki peran dan fungsinya masing-masing.

Blog yang dimaksud disini bukan hanya yang berbasis Blogger (blogspot), akan tetapi juga blog yang berbasis WordPress atau platform CMS (Content Management System) yang lainnya.

Bedanya Blog dengan Website

Pada dasarnya, sebuah blog dan website adalah sama; sama-sama sebuah halaman yang bisa diakses menggunakan koneksi internet. Yang membedakan adalah konten yang ditampilkan oleh masing-masing halaman.

Menurut wikipedia, istilah blog sendiri diambil dari kata weblog, yaitu sebuah halaman web yang menyajikan konten berupa tulisan yang di update secara berkala menyerupai sebuah diary online. Seiring dengan berjalannya waktu, penyebutan weblog sendiri disederhanakan menjadi blog saja.

Berbeda dengan halaman web berita, pada umumnya konten tulisan yang dipublikasikan pada sebuah blog memiliki gaya bahasa informal dan lebih santai agar terkesan lebih akrab dengan pembaca, khususnya bagi blog-blog yang dikelola oleh perorangan / pribadi.

Meski demikian, tak sedikit pula blog yang menampilkan konten dengan gaya bahasa yang lebih serius, menyerupai sebuah halaman web berita. Tak ada batasan khusus memang untuk urusan konten di blog, semua tergantung dari pengelolanya.

Sebuah blog bisa menjadi sangat informatif dan diminati oleh banyak sekali pembaca. Bahkan tak sedikit blog yang memiliki penggemar atau pembaca setia yang selalu menantikan konten terbaru dari blog yang diikutinya. Hal inilah yang menjadi peluang bagi para pemilik usaha untuk bisa mempromosikan produk dan jasanya melalui konten berbayar di sebuah blog.

Tentu saja, produk atau jasa yang akan dipromosikan tersebut harus berhubungan dengan topik utama dari blog yang ingin diajak bekerjasama agar lebih tepat sasaran.

Sementara yang dimaksud dengan website umumnya adalah sebuah halaman yang menunjukkan profil perusahaan (company profile) atau profil seorang professional dan tak jarang pula digunakan untuk menampilkan portfolio nya. Tujuannya jelas, yaitu untuk meyakinkan calon klien yang ditarget.

Meski demikian, halaman seperti sebuah situs toko online atau portal berita juga masih bisa disebut sebagai sebuah website. Sehingga terkadang, kita harus menyebut secara lebih spesifik ketika misalnya kita ingin dibuatkan sebuah halaman website. Apakah yang dimaksud adalah website e-commerce (toko online), website portal berita, atau website company profile.

Terkadang sebuah website juga akan memiliki halaman blog yang menggunakan nama domain yang sama. Tujuannya adalah agar website nya mendapat lebih banyak exposure dari pengguna internet.

Dan biasanya, konten yang ditampilkan pada halaman blog tersebut akan berhubungan dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh si pemilik website, yang sebelumnya sudah ditampilkan di halaman utama website.

Dengan harapan, kemungkinan untuk meng-convert pengunjung menjadi customer akan semakin besar karena sudah ditargetkan secara spesifik. Tentu saja hal ini tak semudah yang dibayangkan, karena teknik penulisan atau kualitas konten juga akan berpengaruh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here