Beranda Blogging Cara Membuat Blog atau Website Sederhana Gratisan

Cara Membuat Blog atau Website Sederhana Gratisan

168
0

Cara buat blog gratisCara Membuat Blog atau Website Sederhana Gratisan – Kita semua pasti setuju bahwa internet merupakan salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat saat ini.

Khususnya di Indonesia…

Dan salah satu cara untuk dapat menampilkan diri di internet adalah dengan membuat blog atau website. Ini berlaku baik untuk individu, maupun untuk perusahaan.

Bagi individu, blog dapat menjadi sebuah wadah untuk menuangkan dan mempublikasikan karya khususnya dalam bentuk tulisan.

Atau bisa juga dimanfaatkan untuk sekedar berbagi cerita keseharian (diary online)…

Bagi perusahaan atau pemilik usaha, website dapat menjadi sebuah wadah untuk menampilkan profil perusahaan. Mulai dari informasi produk, service, portfolio, hingga menampilkan kontak.

Dengan blog atau website, karya para penulis, profil perusahaan atau portfolio yang dipublikasikan bisa dilihat oleh pengguna internet yang menemukannya.

Tentu itu adalah hal yang baik…

Sayangnya, sebagian orang beranggapan bahwa untuk dapat memiliki blog, pastilah dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Padahal, tak sepenuhnya benar.

Diluaran sana, ada beberapa platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuat blog atau website sederhana secara gratis. Website sederhana ya, ini perlu digarisbawahi.

Dan disini saya akan membuatkan tutorial untuk membuat dan memanfaatkannya…

Dari sekian banyak platform GRATISAN yang ada, saya lebih menyarankan untuk menggunakan Blogger (blogspot) karena beberapa alasan.

Diantaranya adalah karena “lebih bebas” daripada platform gratisan lain, sedikit lebih lengkap fiturnya, dan juga lebih mudah untuk muncul di mesin pencari Google.

Tapi saya tidak menyebut bahwa fiturnya sudah sangat lengkap loh ya…

Nah sekarang, kita mulai saja untuk membahas soal bagaimana cara membuat blog atau website sederhana gratisan menggunakan platform Blogger tersebut.

Langkah Yang Harus Dilakukan

Untuk mempermudah proses pembuatannya, saya sarankan untuk membuat akun Google (gmail) terlebih dahulu. Jika sudah punya, silakan buka halaman utama Blogger, lalu pilih Sign in dan masukkan akun Google yang sudah kita buat sebelumnya.

Jika muncul halaman Confirm Your Profile, pilih saja tombol Continue to Blogger yang ada dibawah.

Sekarang kita sudah siap untuk membuat blog baru. Klik Create new blog.

Membuat blog baruSelanjutnya akan muncul menu untuk membuat blog baru.

Dibagian Title, isi nama atau judul blog yang kita inginkan. Lalu dibagian Address (alamat), isi nama domain yang kita inginkan.

Alamat blog yang kita ketikkan, nantinya akan memiliki akhiran blogspot.com secara otomatis. Ini disebut sebagai subdomain (Domain didalam domain utama, dalam kasus ini domain utamanya adalah blogspot.com).

Jika alamat atau nama domain tersedia, maka kita bisa lanjut untuk memilih salah satu tema tampilan yang sudah tersedia. Lalu pilih Create blog.

Cara membuat blogMereka akan menawarkan kita untuk mencari dan membeli domain tingkat atas (tanpa blogspot.com). Kita bebas untuk memilih akan membeli atau tidak.

Namun karena ini temanya gratisan, maka saya memilih untuk tidak membeli dan mengklik tombol No thanks.

Dari sini sebenarnya tutorial ini sudah bisa dianggap selesai, karena blog baru sudah berhasil dibuat.

Iya, memang semudah itu…

Tapi disini saya akan memberikan sedikit tambahan untuk memahami apa-apa saja yang ada didalamnya. Sehingga kita bisa langsung mengisi blog baru tersebut.

Memahami Fitur Dasar di Blogspot

Di platform Blogger (dan sama seperti platform lain pada umumnya) terdapat dua jenis publikasi konten yang disediakan. Pertama adalah Post, kedua adalah Page.

Menu pada blogspotMenu post berfungsi untuk membuat update konten-konten terbaru yang sifatnya rutin dan berkelanjutan. Misalnya seperti konten berita, cerita, tips, atau yang lainnya.

Konten yang dipublikasikan lewat menu ini, nantinya bakal ditampilkan di halaman utama secara berurutan.

Disebelah kanan menu post akan terdapat beberapa menu settingan seperti Labels (untuk mengkategorikan konten), Schedule, Permalink (untuk mengubah link pada post tersebut), hingga Options.

Sedangkan menu Page berfungsi untuk mempublikasikan konten yang tetap. Dalam arti, konten yang dipublikasikan disini merupakan konten yang akan terus menjadi bagian penting bagi website atau blog.

Membuat pages pada blogspotMisalnya konten yang berisi tentang profil penulis, disclaimer, latar belakang atau portfolio website, hingga halaman kontak.

Untuk urusan tampilan, ada dua pilihan utama yang disediakan yakni Layout dan juga Theme (template).

Layout adalah pilihan untuk mengubah tata letak menu-menu yang kita pilih untuk tampilkan di blog. Sedangkan Theme merupakan tampilan secara keseluruhan dari blog.

Buat website gratisanPada menu Theme, terdapat menu Customize yang gunanya adalah untuk mengutak-atik beberapa hal seperti background, warna, font, hingga menentukan lebar dari menu-menu yang ditampilkan.

Lalu ada juga menu Edit HTML yang pada umumnya hanya digunakan ketika kita ingin mengganti tampilan dengan theme buatan pihak ketiga.

Apakah Bisa Membuat Website Gratis Dengan Fitur Yang Lebih Lengkap & Tampilan Yang Lebih Professional?

Kalau hanya soal tampilan, sebenarnya kita masih bisa memanfaatkan platform Blogger ini dan mengganti theme nya agar nampak lebih menarik.

Namun, tetap akan ada keterbatasan-keterbatasan yang mungkin nantinya bakal mengganjal di hati.

Dan kalau memang kita ingin membuat sebuah Website yang nampak lebih professional baik dari segi tampilan maupun fitur, saya sarankan untuk menggunakan platform WordPress Self Host yang tutorialnya akan saya buat di posting berikutnya.

Hanya saja, untuk dapat membuatnya, kita harus menyiapkan sejumlah dana.

Minimal untuk pembelian nama domain dan juga theme…

Semakin banyak fitur yang tersedia didalam theme, maka biasanya akan lebih mahal harganya. Kisaran harganya adalah sekitar 20 dollar hingga ratusan dollar. Sementara untuk domain kita hanya perlu mengeluarkan dana sebesar 12 sampai 20 dollar per tahun.

Tergantung ekstensi domain yang kita pilih…

Satu-satunya bagian yang bisa kita peroleh secara gratis adalah Hosting dari web tersebut.

Tentu saja dengan segala keterbatasannya…

Dan setau saya, saat ini hanya ada sedikit sekali perusahaan yang menyediakan hosting gratis. Di postingan berikutnya, saya akan membahas soal apa itu hosting bagi mereka yang belum paham soal ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here