Beranda Tutorial Membuat Akun Gmail Baru Langsung Dari Smartphone Android

Membuat Akun Gmail Baru Langsung Dari Smartphone Android

121
0

Gmail BaruMembuat Akun Gmail Baru Langsung Dari Smartphone Android – Dalam sebuah bisnis di era serba digital seperti sekarang, memiliki akun email adalah salah satu hal wajib yang harus dipenuhi.

Betapa tidak? Selain untuk berkomunikasi langsung dengan klien, akun email juga kerap kali akan berguna untuk berbagai hal lain. Misalnya untuk mendaftarkan akun social media, aplikasi perpesanan, hingga untuk urusan lain yang lebih penting termasuk membuat atau membangun sebuah website. Sebuah akun email sendiri bisa didapatkan secara berbayar, atau gratisan.

Untuk e-mail gratisan, saya menyarankan untuk menggunakan Gmail (Google Mail) karena memiliki banyak sekali keuntungan. Dengan Gmail, kita bisa dengan mudah mengakses berbagai produk Google tanpa harus membuat akun baru. Termasuk diantaranya adalah akses untuk Google Drive, Google PlayStore (untuk pengguna Android), hingga kemudahan untuk membuat sebuah blog secara gratis di platform Blogger (blogspot) seperti yang sudah pernah saya buatkan tutorialnya.

Membuat Akun Gmail Baru

Membuat akun di Gmail tidaklah sulit. Bahkan kita dapat melakukannya dengan mudah langsung dari perangkat smartphone Android yang kita miliki. Dan di kesempatan ini saya akan membeberkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya.

Jangan khawatir, bagi anda yang tak menggunakan perangkat berbasis Android juga masih bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya buatkan disini. Hanya saja, mungkin akan butuh sedikit penyesuaian yang saya yakin tidaklah rumit.

1. Untuk dapat mulai membuat akun Gmail baru, pertama-tama bukalah aplikasi Gmail pada menu smartphone Android yang anda miliki.

Cara membuat gmail di AndroidTak perlu mendownload terlebih dulu, karena bisa dipastikan semua perangkat berbasis Android yang beredar di Indonesia sudah terpasang aplikasi tersebut sejak masih di dalam box.

2. Jika aplikasi Gmail sudah terbuka, klik icon tiga garis dibagian kiri atas layar untuk menampilkan menu. Kemudian, pilih Settings.

Akan muncul daftar alamat email yang sudah pernah kita sign in sebelumnya (jika ada). Dan untuk membuat akun baru, pilih Add Account (Tambahkan akun).

Membuat Gmail di Hape3. Menu selanjutnya akan memunculkan pilihan set up email. Pilih Google.

4. Kita akan diarahkan untuk melakukan sign in dengan akun Google (Gmail) yang kita punya. Namun oleh karena disini kita akan membuat Gmail baru, maka pilihlah menu Create Account (Buat akun) yang terdapat dibagian kiri bawah layar.

Di langkah ini kita sudah harus memasukkan beberapa data yang dibutuhkan untuk membuat akun baru.

Yang pertama adalah kita akan diminta untuk mengisi nama depan dan belakang. Nama ini nantinya akan ditampilkan pada kontak email, atau pada akun-akun Google. Jika sudah, pilih next (selanjutnya).

Buat gmail baru5. Lalu kita akan diminta untuk memasukkan tanggal lahir serta gender. Jika sudah, pilih next.

Menu selanjutnya akan meminta kita untuk mengisi alamat email yang kita inginkan. Misal “namaanda@gmail.com“.

Cara membuat email gmail baruTidak harus nama asli, karena kita bisa memasukkan nama apa saja sebagai alamat email. Namun saran saya, buatlah alamat yang mudah untuk diingat dan dibaca. Karena selain akan menjadi identitas untuk sign in, alamat inilah yang nantinya akan harus diisi oleh mereka yang ingin mengirimi anda sebuah email.

6. Oleh karena pengguna Gmail sudah banyak sekali, maka kemungkinan alamat email yang anda inginkan tidak bisa didaftarkan karena sudah didaftarkan terlebih dulu oleh orang lain. Jika demikian, gantilah alamat tersebut dengan alamat yang lain.

7. Selanjutnya kita akan diminta untuk memasukkan password bagi akun baru tersebut. Kita harus memasukkan password dua kali yang tujuannya adalah untuk mengkonfirmasi dan menghindari kasus salah ketik password yang nantinya akan berpotensi membuat kita kesulitan untuk sign in.

Konfirmasi password gmail8. Menu selajutnya, kita akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang kita miliki. Tidak wajib memang, dan kita bisa saja melewati langkah ini (dengan memilih menu Skip / Lewati).

Namun jika ternyata akun yang akan kita buat ini adalah untuk urusan yang penting dan jangka panjang, maka sebaiknya isilah menu ini.

Karena dengan memasukkan nomor telepon, keamanan dari akun tersebut akan lebih terjaga. Kita bisa menerima pemberitahuan untuk mengubah password akun jika nantinya kita lupa dengan password dari email tersebut, atau melakukan konfirmasi sign in untuk menghindari akses dari orang tak dikenal yang mencoba membuka email anda.

9. Kita sudah hampir selesai. Selanjutnya kita hanya perlu menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan dari akun Google / Gmail yang kita buat. Silakan dibaca terlebih dahulu bila perlu. Dan jika tak ada masalah, silakan klik kotak persetujuan yang ada dibagian bawah sebagai tanda bahwa anda telah menyetujui apa yang dituliskan diatasnya, kemudian pilih next.

10. Dan jika muncul halaman seperti dibawah ini, maka semuanya sudah selesai dan kita sudah siap untuk menggunakan akun baru tersebut untuk berbagai kebutuhan.

Buat gmail di hapeTambahan

Untuk perangkat Android dengan versi Marshmallow atau diatasnya, terkadang akan muncul notifikasi peringatan seperti ini segera setelah kita selesai membuat akun.

Tutorial membuat gmailNotifikasi tersebut adalah permintaan dari beberapa aplikasi Google (biasanya adalah aplikasi Slides, Docs, dan Sheets) untuk mengakses email baru tersebut.

Silakan klik satu persatu dari notifikasi tersebut dan pilih Allow / Ijinkan. Akun baru yang kita buat tersebut bisa kita akses melalui berbagai perangkat lain yang kita punya, termasuk laptop, atau smartphone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here