Arti Inbox Dalam Jual Beli Online

Inbox artinya

Arti Inbox Dalam Jual Beli Online – Sebelumnya saya sudah membuatkan tulisan tentang alasan mengapa kita tanya harga malah disuruh cek inbox. Namun ternyata saya melihat bahwa tidak semua orang paham apa itu inbox yang dimaksud. Dan di tulisan singkat ini, saya akan menjelaskannya secara sederhana mengenai hal tersebut. Sebelum mengarah pada aktivitas jual beli, mari kita bahas tentang apa itu “inbox” terlebih dahulu.

Inbox artinya adalah sebuah pesan pribadi yang dikirimkan oleh orang lain kepada kita. Dan percakapan di dalam inbox tersebut tidak akan bisa dibaca oleh orang lain. Dalam konteks jual beli online, biasanya kita akan diminta untuk “cek inbox” ketika kita menanyakan harga dari orang yang berjualan di social media, ataupun marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dan lainnya.

Singkat kata, para penjual online tersebut ingin agar percakapan tentang transaksi dilanjutkan pada “inbox”, yang merupakan fitur percakapan pribadi. Karena mereka tidak ingin melanjutkan percakapan pada kolom komentar. Yang mana alasannya sudah pernah saya bahas pada posting tentang kenapa penjual memberitahu harga via Inbox.

Nah, setelah mengerti apa itu inbox, sekarang kita harus tau di mana atau bagaimana cara untuk melihat percakapan dalam inbox.

Umumnya, inbox selalu diwakilkan oleh gambar (icon) berupa surat atau kotak surat. Karena pada dasarnya, inbox sendiri artinya adalah “kotak masuk”. Yang mana pada jaman dahulu, surat yang datang ke alamat kita, biasanya akan dimasukkan ke dalam kotak khusus untuk menerima surat. Dan istilah inbox tersebut kemudian dipakai pada era surat-menyurat modern tanpa kertas, seperti saat ini.

Khusus dalam aplikasi Facebook, inbox disebut juga sebagai “Facebook Messenger”. Ia tidaklah memiliki icon berupa surat. Melainkan seperti pada gambar di bawah ini. Dan untuk dapat membuka inbox, kita harus meng-klik icon tombol tersebut. Icon yang sama juga digunakan pada aplikasi Instagram untuk dapat membuka inbox.

Apa itu inbox dalam jual beli

Inbox Marketplace

Khusus dalam aplikasi Facebook, terkadang inbox akan dibedakan menjadi dua. Yaitu inbox untuk percakapan biasa, dan juga inbox untuk percakapan dalam aktivitas jual-beli. Dalam percakapan biasa, kita cukup menekan tombol seperti pada gambar diatas untuk dapat melihat isi dalam inbox.

Namun untuk percakapan yang berbau jual-beli, biasanya akan masuk dalam kategori inbox marketplace. Yang bisa kita temukan di dalam inbox, dan akan ada menu bertuliskan “Marketplace”.

Jangan Lupa, Cek “Permintaan Pesan”

Jika ternyata ada orang yang berkata bahwa ia sudah mengirimkan pesan pribadi (inbox) di Facebook, namun anda tidak menemukannya, maka cobalah untuk membuka menu permintaan pesan. Menu ini bisa kita temukan dengan mengklik tombol inbox seperti biasa, lalu klik sebuah menu bergambar “gear” yang terletak di sebelah kanan atas.

Di sana, kita bisa menemukan permintaan pesan. Pesan yang masuk di permintaan pesan, biasanya adalah pesan dari orang yang belum menjadi teman di akun Facebook anda. Yang tujuannya adalah untuk menyaring percakapan dan menghindarkan kita dari spam. – vionlin.com