Beranda Serba-serbi Promosi Pentingnya Promosi Bagi Kemajuan & Pengembangan Usaha

Pentingnya Promosi Bagi Kemajuan & Pengembangan Usaha

30
0

Manfaat promosi bagi usaha kecilPentingnya Promosi Bagi Kemajuan & Pengembangan Usaha – Saya yakin saat ini sudah banyak sekali masyarakat yang ingin atau bahkan sudah mulai membuka usaha. Baik dalam skala besar, maupun kecil. Hal ini disebabkan karena sebagian dari masyarakat sudah mulai menyadari bahwa suatu saat, usaha yang dijalankan bakal menjadi bekal di hari tua.

Akan tetapi terlalu dini untuk berpikir bahwa kenyataannya akan seindah atau semudah itu, terlebih jika ternyata kita belum menyadari bahwa memulai sebuah usaha merupakan sebuah tantangan yang lebih berat dibandingkan jika kita hanya menjadi seorang karyawan.

Tantangan terbesar dalam dunia usaha adalah soal bagaimana kita bisa mempertahankan jalannya usaha, serta bagaimana untuk mengembangkan apa yang sudah dimiliki saat ini. Hal ini terlihat dari betapa banyak usaha-usaha kecil yang terpaksa harus berhenti pada dua fase tersebut.

Mempertahankan jalannya usaha adalah sesederhana menjaga konsistensi. Sedangkan untuk dapat berkembang, merupakan sebuah tantangan yang lebih rumit. Salah satu faktor penting yang dapat mempermudah berkembangnya usaha adalah soal promosi.

Apa Pentingnya Promosi?

Disini saya akan membahas soal promosi dalam dua garis besar. Yang pertama adalah promosi untuk mengenalkan produk, dan yang kedua adalah promo dengan memberikan penawaran khusus semacam diskon atau semacamnya. Yang mana keduanya ini punya tujuan serupa yaitu mendatangkan konsumen.

Sederhananya, promosi adalah upaya untuk memperkenalkan atau memberitahukan kepada publik, bahwa kita memiliki sebuah usaha dan kita punya produk untuk ditawarkan.

Sehingga, calon konsumen yang sebelumnya sama sekali tidak tau, menjadi tau. Dan inilah yang membuat promosi menjadi penting. Karena kalau seandainya publik tidak mengetahui bahwa anda punya jasa atau produk untuk ditawarkan, bagaimana mungkin mereka akan datang dan membeli produk atau jasa yang anda punya?

Dengan demikian, jika kita sudah siap untuk memulai sebuah usaha, mau tidak mau kita juga harus siap untuk melakukan promosi. Saat ini, ada banyak sekali cara untuk mempromosikan apa yang ingin kita tawarkan. Dan tidak melulu harus mengeluarkan biaya mahal. Karena ada banyak cara untuk promosi dengan budget murah, atau bahkan gratis.

Contohnya, mulai dari share posting di social media (Facebook, Instagram), hingga membuat status di aplikasi chat seperti WhatsApp. Beberapa orang yang saya tau, sudah mencoba cara-cara tersebut dan cukup efektif untuk mendatangkan peminat.

Contoh promosi gratis

Sekali lagi, promosi tidak melulu harus mengeluarkan biaya mahal. Bahkan dengan memberitahu secara lisan kepada rekan-rekan soal usaha yang kita punya, juga merupakan salah satu bentuk promosi yang paling sederhana.

Kesabaran dan usaha ekstra akan dibutuhkan jika kita memanfaatkan cara-cara gratisan tersebut. Karena memang cara seperti itu hanya akan efektif untuk menarik perhatian sebatas di lingkaran pertemanan saja. Bukan, bukan berarti cara ini buruk. Hanya saja, memang ada cara lain yang lebih baik.

Cara Yang Lebih Baik?

Cara yang lebih baik disini dalam arti bagaimana kita bisa menjangkau lebih banyak orang diluar lingkaran pertemanan kita. Agar lebih memudahkan bagi kita yang kebetulan membuka usaha di lokasi yang kurang strategis.

Secara umum, tujuannya masih tetap sama, yaitu agar publik dapat mengenal produk dan jasa yang kita tawarkan. Hanya saja, jangkauannya akan jauh lebih luas, sehingga berpotensi mendatangkan lebih banyak konsumen baru. Sayangnya, kita tidak bisa menggunakan cara gratisan untuk ini.

Promosi berbayar yang paling mudah untuk dilakukan adalah misalnya dengan membagikan selebaran, membuat iklan di Facebook ataupun Instagram. Ketiga cara ini merupakan contoh promosi yang bisa dilakukan dengan budget minim.

Dan jika ternyata kita punya budget lebih serta konsep online campaign yang baik, maka kita juga bisa coba melakukan promosi melalui Google Ads, beriklan di blog yang relevan, hingga mencari endorser untuk mempromosikan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Kesemua cara tersebut akan berbeda tingkat efektifitasnya, tergantung pada produk apa yang kita tawarkan dan juga apa yang menjadi goal utama kita. Dan tentu saja, konsep yang matang juga akan turut berpengaruh.

Perlu diperhatikan bahwa promosi tak selalu memberikan hasil instan. Bahkan terkadang terkesan bakar duit di awal. Karena sekali lagi, goal utama yang ingin dicapai bisa jadi bukanlah konversi (penjualan) secara spontan, melainkan adalah untuk meningkatkan brand awareness.

Brand awareness disini bisa disederhanakan sebagai “cukup supaya publik tau aja”. Terkesan kurang bermanfaat memang. Padahal, ini adalah langkah awal agar kita lebih mudah mendapatkan konsumen di kemudian hari. Bagaimana bisa?

Sekarang kita coba berandai-andai …

Di kota tempat anda tinggal, ada dua buah tempat usaha baru yang sama-sama menawarkan jasa cetak foto. Lokasinya pun bersebelahan. Sebut saja TOKO A dan TOKO B. TOKO A terkesan adem ayem dan tak pernah melakukan promosi yang aktif. Sedangkan TOKO B sudah sering melakukan promosi.

Kebetulan anda sendiri pernah melihat nama tempat usaha dari TOKO B disebut dalam caption, saat ia mempromosikannya melalui endorsement pada selebgram yang anda follow.

Anda juga sering melihat logo tempat usahanya bersliweran di facebook karena ia juga menggunakan facebook ads untuk berpromosi. Beberapa bulan setelahnya, anda ternyata punya kebutuhan untuk mencetak foto.

Pertanyaannya adalah, kemana pilihan anda akan lebih condong? Hampir pasti kita akan memilih tempat yang minimal sudah pernah kita lihat logo untuk usahanya, yaitu TOKO B. Betul?

Ketika brand (nama usaha) kita sudah dikenal atau tampil dimana-mana, maka calon konsumen akan lebih mudah untuk mempercayainya karena merasa sudah mengenalnya. Walaupun hanya dalam bentuk logo atau sekadar tau nama sekalipun. Coba anda ingat-ingat kembali apakah anda (sebagai konsumen) pernah mengalami hal serupa, atau tidak.

Memberikan Penawaran Khusus

Sekarang kita akan bahas soal keuntungan melakukan promosi dengan memberikan penawaran khusus dalam jangka waktu tertentu. Contoh yang paling sederhana, adalah dengan memberikan potongan harga atas produk dan jasa yang kita tawarkan.

Walaupun disini kita tidak akan mendapatkan keuntungan secara langsung dari segi profit, namun biasanya promosi jenis ini lebih menargetkan untuk mendapatkan konsumen-konsumen baru. Konsumen baru yang dimaksud disini bisa jadi merupakan orang yang sebelumnya sudah mengenal apa yang kita tawarkan, namun kemudian berpikir kembali dan tidak jadi membeli karena masalah harga misalnya.

Iya, tujuan dari promosi jenis ini adalah memperbesar minat konsumen untuk mencoba. Dengan harapan, setelah mereka mencoba produk yang kita tawarkan, mereka yang tadinya masih meragu akan menjadi percaya. Sehingga mereka akan berpotensi untuk membeli produk-produk kita yang lain dikemudian hari.

Cara ini juga efektif untuk menarik minat konsumen yang sebelumnya sudah menjadi pelanggan bagi kompetitor, untuk mencoba produk serupa yang kita tawarkan. Agar hasilnya lebih optimal, kita juga wajib memastikan bahwa publik harus tau soal promo yang kita tawarkan.

Bagaimana cara agar mereka tau? Ya kembali lagi, kita bisa melakukan langkah-langkah promosi yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Keuntungan promosi bagi usaha

Apakah Pelaku Usaha Kecil Perlu Untuk Melakukannya?

Kalau memang berniat untuk menjadi besar dalam waktu yang lebih cepat dari normalnya, maka jawabannya adalah iya.

Terkhusus untuk usaha di bidang kuliner seperti warung makan biasa, yang tidak punya segmen pasar untuk kelas ekonomi tertentu, sebenarnya akan lebih simple.

Kunci utamanya adalah soal lokasi dan harga. Lokasi yang strategis, bakal lebih mudah untuk mendapatkan konsumen. Hanya saja jika ternyata di lokasi yang sama sudah ada kompetitor yang berjaya, maka promosi-promosi yang disebutkan diatas sangat perlu untuk dilakukan agar dapat bersaing dengan kompetitor.

Sekali lagi, kita tidak harus menggunakan promosi berbiaya mahal. Yang paling penting adalah memilih jenis campaign promosi yang dirasa cocok untuk usahanya. Kalaupun bingung untuk memilih promosi atau konsep online campaign seperti apa, cobalah untuk mencari advertising agency untuk membantu anda.

Jika ternyata anda masih baru dalam tahap ingin memulai (belum dilaksanakan) dan tidak ingin ambil pusing soal urusan promosi, pertimbangkanlah untuk membuka usaha franchise. Karena biasanya, segala urusan mulai dari branding, konsep promosi, hingga bahan baku, sudah disediakan oleh franchisor. – vionlin.com

Promosikan bisnis secara online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here