Beranda Bisnis Pentingnya Sebuah Website Bagi Pemilik Usaha

Pentingnya Sebuah Website Bagi Pemilik Usaha

126
0

Apakah perlu punya website bagi usaha kecilPentingnya Sebuah Website Bagi Pemilik Usaha – Hingga saat ini, pemanfaatan website bagi keberlangsungan sebuah usaha atau bisnis nampaknya belum banyak diimplementasikan. Karena kalau diperhatikan, ada banyak sekali perusahaan khususnya dengan skala kecil dan menengah yang ternyata belum memiliki website.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya pelaku usaha yang masih beranggapan bahwa sebuah website hanya diperlukan oleh perusahaan besar, atau ketika sebuah perusahaan sudah bertumbuh pesat.

Padahal, itu tidaklah sepenuhnya benar …

Kalau kita jeli dalam memanfaatkan peluang, sebuah website justru akan sangat membantu dalam perkembangan usaha kecil dan menengah untuk dapat bertumbuh lebih pesat. Bagaimana bisa?

Manfaat Memiliki Website untuk Kelangsungan Bisnis

1. Edukasi Calon Konsumen

Salah satu masalah yang biasa dihadapi oleh sebuah bisnis yang baru dirintis adalah bagaimana produk dan jasa yang ditawarkan, bisa diterima oleh masyarakat sebagai konsumen.

Karena rata-rata, konsumen akan memilih sebuah produk dan jasa yang dianggap terpercaya, atau minimal sudah dikenalnya. Sementara untuk sebuah produk baru yang sama sekali belum pernah mereka ketahui sebelumnya, biasanya akan muncul keraguan di benak calon konsumen yang kemudian membuat mereka memilih untuk TIDAK menggunakan produk tersebut. Betul?

Keraguan dalam memilih produk memang bisa bermacam-macam penyebabnya. Namun ada satu penyebab pasti yang paling mendasar, yaitu karena calon konsumen belum mengenal produk baru yang ditawarkan.

Contoh sederhana yang bisa kita ambil adalah ketika ingin membeli sebuah smartphone …

Misal kita sudah menyediakan budget sekitar tiga juta rupiah untuk membeli sebuah smartphone. Di kisaran harga tersebut, tersedia produk-produk dari beberapa merk terkenal seperti Samsung atau ASUS, serta ada satu produk dari brand baru yang belum kita kenali sebelumnya.

Lalu apakah kita akan menghabiskan budget yang sudah disediakan untuk membeli produk dari brand yang belum kita kenal tersebut?

Mandaat memiliki website bagi usaha kecil
Hohoho, tentu saja tidak!

Apalagi jika ternyata informasi mengenai produk dari brand baru itu juga sangat minim dan sulit sekali didapatkan. Tidak ada website, serta tidak ada review dari orang lain karena memang belum pernah ada yang menggunakannya.

Lantas bagaimana mungkin seorang calon konsumen akan menghabiskan uang demi sebuah produk yang sama sekali belum memiliki reputasi? Bagaimana bisa calon konsumen memilih sebuah produk yang tak diketahui dimana letak keistimewaannya?

Informasi mengenai produk adalah hal kecil yang seringkali dianggap sepele. Namun bagi calon konsumen, ini justru akan sangat menentukan keputusan mereka. Apakah akan memilih untuk membelinya atau tidak.

Dan informasi macam inilah yang bisa kita tampilkan didalam website …

Bagi sebuah perusahaan, apapun skalanya, website bisa menjadi wadah untuk menghadirkan informasi mengenai produk atau jasa yang kita sediakan. Tak hanya sekedar menampilkan misalnya informasi spesifikasi produk, tetapi juga bisa untuk mengedukasi lebih jauh agar lebih meyakinkan calon konsumen.

Kita ambil contoh website milik ASUS. Kalau kita membuka halaman salah satu produknya, maka website tersebut bakal menampilkan detail-detail yang … mungkin bagi konsumen tidaklah penting, namun secara tidak sadar bakal mempengaruhi dan meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang bersangkutan karena mereka merasa sudah mengenal produknya lebih dalam.

Dan ya, hal serupa juga bisa kita terapkan untuk produk atau bisnis dengan segmen yang berbeda.

Misalnya jika anda punya jasa percetakan, anda dapat membeberkan tentang alat apa yang anda pakai, seberapa cepat anda dapat menyelesaikan pesanan, hingga produk apa saja yang bisa anda kerjakan.

Atau mungkin jika anda sedang menggeluti bisnis kuliner, anda juga dapat mengedukasi konsumen dengan membeberkan hal-hal sederhana seperti soal kebersihan selama proses produksi, pengemasan, hingga detail-detail kecil lain yang membuat konsumen merasa produk anda memang pantas dijadikan sebuah pilihan.

2. Memperkuat Branding

Tak melulu soal informasi tentang produk, karena di dalam website kita juga dapat menceritakan beberapa hal yang bisa mempengaruhi calon konsumen secara emosional agar lebih mempercayai brand yang kita usung.

Misalnya, menceritakan mengenai sejarah berdirinya usaha kita, semangat apa yang ada dibalik berdirinya perusahaan yang kita rintis, hingga prestasi-prestasi apa yang sudah pernah diraih.

Prestasi disini tak melulu harus mendapatkan gelar-gelar tertentu, tapi cukup dengan menampilkan portfolio mengenai apa saja karya yang sudah pernah dibuat oleh perusahaan kita.

Hal-hal macam ini sedikit banyak akan mengurangi keraguan konsumen terhadap brand yang kita usung. Sehingga akan membuka kemungkinan bagi mereka untuk memilih produk atau jasa yang kita tawarkan, suatu hari nanti.

3. Lebih Mudah Berpromosi

Ada kalanya kita mesti melakukan promosi demi meramaikan usaha kita. Tujuan utama berpromosi adalah demi meningkatkan brand awareness atau menunjukkan pada khalayak bahwa, “Hei kita punya produk dan jasa ini loh!”,¬†yang secara tidak langsung akan membantu meningkatkan angka penjualan secara bertahap.

Dengan melakukan promosi kita dapat “memaksa” calon konsumen yang sebelumnya belum tau menjadi tau tentang produk kita.

Saat ini ada banyak sekali jenis promosi yang bisa kita pilih untuk dapat membantu mengembangkan usaha yang kita jalankan. Bagi sebuah usaha kecil, kita bisa mulai dari yang paling mudah dan murah terlebih dahulu, yakni dengan menjalankan apa yang disebut sebagai online campaign.

Jenis online campaign sendiri juga cukup banyak jenisnya, yang bisa kita pilih untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari beriklan di facebook, instagram, menyewa buzzer di twitter, bekerja sama dengan blogger (seorang yang mempunyai blog aktif), hingga beriklan di Google AdWords.

Online campaign akan lebih efektif jika usaha kecil yang kita jalankan sudah mempunyai website. Kenapa? Karena, ketika masyarakat mulai tertarik untuk tau lebih jauh mengenai produk atau brand yang kita iklankan, maka pada umumnya mereka akan melakukan pencarian di internet.

Nah disinilah website akan menjalankan perannya dalam memberikan informasi yang lebih detail agar lebih meyakinkan calon konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang kita tawarkan.

Skenarionya adalah, ketika calon konsumen mencari informasi soal produk kita di internet (biasanya melalui Google), maka Google akan menampilkan website kita, sehingga konsumen dapat mengunjungi website tersebut untuk mendapatkan info lebih detail.

Dengan catatan, website tersebut harus sudah terindex di Google …

Selain hal-hal yang sudah disebutkan diatas, hadirnya sebuah website untuk bisnis yang kita jalankan akan membuat usaha kita terkesan lebih serius dan lebih professional di mata calon konsumen.

Beberapa hal sepele khususnya dalam pemilihan nama domain adalah wajib untuk dipertimbangkan secara matang. Dan tak perlu was-was soal biaya, karena untuk dapat memiliki sebuah website itu tak semahal yang dibayangkan kok. Apalagi jika kita mengerjakannya sendiri.

Memang, pengeluaran pertama akan terasa cukup mahal. Namun selanjutnya, kita hanya harus mengeluarkan biaya beberapa ratus ribu rupiah setiap tahunnya untuk terus memperpanjang sewa hosting dan domain bagi website kita. Besaran biaya ini tergantung dimana kita menyewa hostingnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here