Beranda Blogging Review Hawkhost: Hosting Murah Yang Mampu Menampung Banyak Visitor

Review Hawkhost: Hosting Murah Yang Mampu Menampung Banyak Visitor

195
0

Review hosting hawkhost bahasa IndonesiaReview Hawkhost: Hosting Murah Yang Mampu Menampung Banyak Visitor – Salah satu syarat untuk mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari khususnya Google adalah dengan memastikan bahwa website milik kita selalu up (selalu dapat diakses).

Karena jika website kita terlalu sering down, maka bot dari Google yang bertugas untuk melakukan crawling ke halaman website kita (agar bisa terindex) akan kesulitan untuk menjalankan tugasnya. Sehingga, bot akan melaporkan bahwa web tersebut mengalami masalah (error) yang dampaknya adalah posisi blog kita di Google sangat mungkin akan diturunkan, atau bahkan dihilangkan sementara dari hasil pencarian.

Logikanya sederhana saja. Buat apa Google merekomendasikan website yang sulit diakses?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan website menjadi down. Yang paling umum adalah karena server hosting tak mampu memuat halaman karena prosesnya terlalu berat. Hal ini bisa terjadi ketika terlalu banyak visitor yang berkunjung ke website kita dalam waktu yang bersamaan.

Tentu setiap pemilik web tak menginginkan hal seperti ini sampai terjadi karena kita bisa kehilangan banyak visitor. Hal inilah yang menjadi kekhawatiran saya ketika memutuskan untuk bermigrasi dari platform blog gratisan di Blogger (blogspot.com) menuju ke WordPress selfhost.

Karena saat itu, blog yang ingin saya pindahkan tersebut sudah punya belasan ribu visitor setiap harinya. Hal lain yang saya khawatirkan adalah soal biaya, yang mana biasanya jika sebuah web sudah mendapatkan banyak visitor hingga membuat server overload, maka mau tak mau kita harus melakukan upgrade agar web dapat kembali diakses dengan normal.

Saya pun coba mencari tau penyedia hosting mana yang sekiranya tangguh dan mampu menampung banyak visitor, namun dengan biaya service yang murah. Atau setidaknya, masih terjangkau. Dan setelah bertanya kesana kemari, akhirnya pilihan saya menjatuhkan pilihan pada Hawkhost.

Pengalaman Menggunakan Hawkhost

Memang sih, awalnya saya sedikit ragu untuk menggunakan layanan mereka karena konon kabarnya tim support Hawkhost tak sebaik beberapa penyedia hosting lain diluaran sana. Namun pertimbangan utama saya adalah soal ketangguhan servernya.

Saya pun membuktikan sendiri ketangguhan server mereka setelah mencoba layanannya. Saya memilih untuk menggunakan layanan shared hosting termurah yang mereka punya (Primary).

Blog saya tersebut rata-rata dikunjungi oleh sekitar 12 ribu sampai 16 ribu pengunjung setiap harinya, dengan pageview sekitar 18 ribu hingga 21 ribu dan pengunjung yang online secara bersamaan paling banyak adalah sekitar 50 sampai 80 orang.

Review hawkhost untuk blog IndonesiaDengan jumlah visitor seperti itu, sama sekali tak ada tanda-tanda bahwa server akan down. Blog tetap dapat diakses dengan lancar bahkan ketika sedang ramai-ramainya. Hal inilah yang membuat saya yakin dan terus memperpanjang untuk menggunakan service dari Hawkhost. Tak jarang, saya pun merekomendasikannya ke teman-teman saya.

Saya memiliki seorang kenalan yang berprofesi sebagai dokter, dan kebetulan juga memiliki blog yang cukup ramai. Di sebuah grup whatsapp, beliau meminta rekomendasi hosting yang tangguh untuk menampung banyak visitor, persis seperti apa yang saya inginkan dulu.

Karena saat itu, blog yang dikelolanya sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kurang sehat. Mulai dari loading nya yang terasa lemot, hingga error dan tak bisa diakses (down).

Saya kemudian berhasil meyakinkannya untuk beralih menggunakan Hawkhost karena dua alasan utama, yaitu dari sisi performa dan juga harganya yang murah. Iya, murah disini relatif. Bukan yang termurah memang. Namun jika dibandingkan dari segi price to performance, jelas ini termasuk murah.

Dan ketika beliau sudah berpindah dari penyedia hosting sebelumnya, blog nya pun bisa kembali berjalan normal hingga saat tulisan ini dipublikasikan. Hal ini cukup membuktikan bagi saya bahwa memang layanan shared hosting dari Hawkhost merupakan salah satu yang terbaik, khususnya dari sisi price to performance.

Lalu dari segi support, saya tak pernah benar-benar mengujinya karena selama ini semuanya berjalan dengan baik. Untuk urusan menjawab pertanyaan dan sedikit keluhan yang sepele, saya rasa respon nya sudah cukup cepat dan membantu. Namun untuk urusan yang lebih serius, saya belum pernah mengalaminya.

Dan semoga tidak akan pernah …

Saya sendiri menggunakan dua buah akun berbeda untuk blog-blog yang saya kelola. Akun pertama adalah akun hosting dengan server yang berlokasi di Singapore. Akun tersebut saya gunakan untuk menempatkan blog utama yang berbahasa Indonesia.

Sedangkan akun kedua adalah akun hosting dengan server yang berlokasi di US untuk menempatkan beberapa blog lain yang berbahasa inggris. Kebetulan blog ini sendiri saya tempatkan di server US karena saya tak ingin terlalu membebani storage di akun pertama. Meskipun saya paham bahwa resikonya adalah loading dari blog ini akan menjadi sedikit lebih lambat karena lokasi server yang sangat jauh dari Indonesia.

Kesimpulan

Pengalaman menggunakan hosting hawkhostSoal harga, memang apa yang ditawarkan oleh Hawkhost bukanlah yang termurah karena diluaran sana banyak penyedia hosting yang menawarkan layanan dengan harga lebih murah. Namun bukan berarti banderol harga untuk layanannya tersebut tergolong mahal, karena menurut saya masih sangat terjangkau.

Poin plus nya adalah untuk urusan performa, kecepatan dan ketangguhan dari servernya sangatlah cocok untuk blog dengan visitor berlimpah. Walau mungkin saat ini anda masih baru akan membuat blog atau website, saya rasa juga layanan Hawkhost ini sangat layak untuk dipertimbangkan.

Karena jika pada saatnya nanti visitor blog atau web anda sudah mulai ramai, maka anda tak perlu lagi pusing dan repot untuk memindahkan website anda ke hosting yang lebih handal.

Website Resmi Hawkhost

Untuk dapat mulai menggunakan layanan dari Hawkhost, silakan langsung menuju ke website resmi hawkhost melalui tombol diatas dan pilih layanan hosting yang anda inginkan. Mulai dari Shared Hosting, Cloud Hosting, hingga VPS (Virtual Private Server).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here